,         
Senin, 13 Mei 2013 - 14:03:40 WIB

KPU Sulbar Diminta Ekspose DCS Caleg

Kategori : Sulawesi Barat

SESI.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Barat diminta untuk segera mengekspose Daftar Calon Anggota Legislatif Sementara (DCS)  kepada publik, pasca dilakukannya verifikasi berkas Caleg.

Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Mamuju, Muhammad Hatta, di Mamuju, Senin, mengatakan verifikasi berkas caleg DPD dan DPRD tersebut patut untuk diumumkan ke masyarakat. 

"KPU Sulbar wajib menyebarluaskan DCS karena hal  tersebut menyangkut azas transparansi," katanya.

Dia menjelaskan, mempublikasikan DCS DPRD dan DPD sangat penting dilakukan KPU agar publik bisa mengetahui gambaran calon wakilnya di parlemen.

Dari proses publikasi itu, kata Hatta, masyarakat bisa mengetahui rekan jejak masing-masing calon yang akan bertarung pada Pemilu legislatif 2014.

"Data itu adalah hak publik untuk diketahui. Mestinya, KPU Sulbar harus bercermin pada KPU pusat yang melansir DCS DPR melalui website, hal ini penting untuk pelibatan publik dalam memonitor syarat pencalonan mereka," katanya.

Hatta berpendapat, publikasi DCS kepada masyarakat juga merupakan bagian dari verifikasi, agar masyarakat juga bisa terlibat dalam menyampaikan informasi terkait para calon legislatifnya. 

"Kalau ada calon yang ternyata menurut masyarakat setelah menilai `track record`-nya kurang baik, masyarakat bisa menyampaikan informasi dan itu merupakan bagaian dari verifikasi," ujarnya.

Yang harus dipahami, kata dia, masyarakat berhak mengakses informasi itu sesuai UU keterbukaan informasi publik, sehingga menjadi tugas KPU untuk kemudian membuka informasi ini seluas-luasnya ke publik.

Hatta menambahkan, publikasi DCS hendaknya dilakukan sebagai upaya mengantisipasi adanya Caleg yang memanipulasi dokumen pencalonannya.

Makanya untuk menciptakan Pemilu yang bersih, ujar dia, segala tahapannya juga harus berjalan sesuai aturan dan transparan.

"Penegak hukum hingga Bawaslu harus proaktif melakukan pengawasan," kata Hatta.(Iwn/Ant)

Share |

Email :redaksi@seputarsulawesi.com
Iklan: 0411 (433867)
Silahkan Buka Seputarsulawesi.com di HP anda:
Versi Mobile

Isi Komentar :
Nama Lengkap :
Komentar :
Website :
Kode Keamanan :