,         
Jumat, 14 Oktober 2011 - 18:45:30 WIB

Sulsel Promosi Sutera di Peragaan Busana Nasional

Kategori : EKONOMI

SESI.COM - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mempromosikan sutera dalam peragaan busana nasional Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) Show Trend 2012 bertajuk Inner Connection 2012 - Cerita Sutera dari Sulsel yang digelar di Ballroom Plaza Bapindo, Jakarta.

Kepala Bidang Promosi dan Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Sulsel Sukarniaty Kondolele di Jakarta, Jumat, melalui telepon genggamnya, mengatakan kegiatan promosi Cerita Sutera dari Sulsel tersebut dipresentasikan langsung oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

"Tujuan dari acara ini adalah untuk memposisikan sutera Sulsel sebagai tekstil lokal secara nasional bahkan internasional," ujarnya.

Gubernur Sulsel mengatakan, kain sutera daerah tidak boleh tergerus dengan tekstil khususnya sutera dari negara lain seperti China, Thailand dan India.

"Sutera kita sangat berwarna, meski masih terdapat kekurangan, sutera Sulsel cukup kompetitif dan sangat tepat jika para perancang busana dapat menasionalkannya melalui rancangannya," katanya.

Dalam pagelaran busana, kain sutera khas Sulsel dirancang menjadi busana yang memikat oleh perancang Tuty Cholid dengan mengangkat tema "Baine Gammara" yang terinspirasi dari kecantikan wanita Sulsel pada jaman kerajaan.

Perancang busana lainnya, Era Sukamto mengangkat perpaduan sutera Sulsel pada jaman kerajaan dengan Kerajaan Mataram yang terpancar dari bias warna dan corak masing-masing budaya kerajaan tersebut. Pada 2010, promosi sutera juga melibatkan dua perancang busana nasional yaitu Oscar Lawalata dan Carmanita.

Sukarniaty menambahkan, target produksi sutera Sulsel terus mengalami peningkatan. Pada 2010, produksi kain sutera per hari kurang lebih 800 meter dan tahun ini ditargetkan sedikitnya 2.100 meter per hari. (Iwn/Ant)

Share |

Email :redaksi@seputarsulawesi.com
Iklan: 0411 (433867)
Silahkan Buka Seputarsulawesi.com di HP anda:
Versi Mobile

Isi Komentar :
Nama Lengkap :
Komentar :
Website :
Kode Keamanan :