Gaya Hidup

Alquran Bisa Dijadikan sebagai Obat Penyakit Lahir dan Batin

Alquran Bisa Dijadikan sebagai Obat Penyakit Lahir dan Batin

Keterangan Gambar : muslim.or.id

“Dan Kami turunkan dari Alquran (sesuatu) yang jadi obat penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedang bagi mereka yang zalim (Alquran) hanya akan menambah kerugian tiada lain sebagai obat” (Qs. Al Isra; 81).

Ayat ini menegaskan bahwasanya salah satu tujuan diturunkannya Alquran adalah menjadi syifa (obat) dan rahmat bagi orang yang beriman.  Meski ayat ini, tidak secara lasung menyebutkan nama obat yang dimaksud, namun bisa diduga bahwasanya Alquran adalah obat segala hal. 

Menurut Imam Besar Masjid Almarkaz al-Islami, Dr. KH. Muammar Bakry, syifa dalam ayat tersebut bisa bermakna umum, bahwasanya Alquran bisa menjadi obat di saat hati galau, resah dan gelisah.

"Demikian juga, saat pikiran lagi kalut, maka dengan membaca Alquran pikiran menjadi tenang," jelasnya sebagaimana yang dilasir youtube Moderasi Islam Sulawesi.

Nah sekarang, bagaimana jika yang sakit itu adalah fisik, apakah Alquran juga bisa dijadikan sebagai obat?

Muammar mengatakan, di luar negeri, sudah banyak klinik-klinik yang memperaktikkan metode pembacaan Alquran untuk mengobati pasien yang sakit, dan ternyata tingkat kesembuhan orang yang sering membaca atau dibacakan Alquran lebih mudah.

"Mungkin dengan mendengarkan Alquran tingkat stresnya berkurang, karena biasanya orang sakit kalau stresnya berkurang muda biasanya diobati," jelasnya.

Tradisi pengobatan dengan menggunakan bacaan Alquran, katanya juga pernah dipraktikkan langsung oleh nabi Muhammad Saw.  

Dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa jika salah seorang anggota keluarga Nabi sakit, maka Nabi mengobatinya dengan membaca surah Alfalaq dan Annas kemudian ditiupkan kepada si sakit.

Dalam riwayat lain juga disebutkan, jika malam hari, Nabi merasa gelisah, maka sebelum tidur, beliau membaca tiga surah Alquran, yaitu; al-ikhlas, al-falaq dan Annas, kemudian ditiupkan ke kedua telapak tangannya, lalu diusapkan ke seluruh badannya.

“Dilakukan mulai dari kepala, muka, dada dan semua badannya. Ini juga disebut dengan rukyah, pengobatan dengan menggunakan Alquran,” jelasnya.

Atas dasar itu, menurutnya, Alquran bisa dijadikan sebagai media untuk memohon kepada Allah SWT agar disembuhkan dari penyakit, termasuk guna-guna atau kiriman orang jahat. 

Untuk lebih jelasnya, silahkan klik video berikut: