Sulbar

Direktur AI: ABM Penentu Kemenangan di Pilkada Majene dan Mamuju

Direktur AI: ABM Penentu Kemenangan di Pilkada Majene dan Mamuju

Keterangan Gambar : Muklish Jusuf (Direktur Akar Indonesia)

Seputarsulawesi.com, Makassar- Jelang Pilkada serentak 2020, sikap para elit politik di Sulawesi Barat untuk menyatakan dukungan politik ke salah satu Pasangan Calon (Paslon) menjadi tambahan kekuatan di tingkat elektoral. Salah satunya adalah Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar (ABM).

Direktur Akar Indonesia (AI), Mukhlis JS mengatakan, penentuan sikap politik orang nomor satu di Sulawesi Barat itu paling ditunggu-tunggu. Apalagi  dari empat kabupaten yang menggelar Pilkada di Sulbar, dua diantaranya diikuti dua Paslon, yakni Kabupaten Mamuju dan Majene.

Baca juga: Dr. Herny: Jangan Jadikan Pilkada Sumber Perpecahan

Diketahui, Sutinah Suhardi - Ado Mas'ud berhadapan dengan Habsi wahid -Irwan Pababari di Pilkada Mamuju. Sementara di Majene, Patmawati Fahmi – Lukman head to head dengan Andi Ahmad Sukri Tammalele - Arismunandar Kalma.

Menurut Mukhlis JS, dinamika politik di dua kabupaten ini menarik diamati. Apalagi komposisi partai pengusung dan tokoh politik di belakang masing-masing Paslon cukup seimbang. "Olehnya itu, keputusan ABM menjadi kunci kemenangan di pertarungan head to head ini,” ujar Mukhlis.

Selain itu, Mukhlis JS juga mengingatkan tim pemenangan masing-masing Paslon agar betul betul bisa memahami PKPU No. 13 Tahun 2020 tentang aturan pelaksanaan Pilkada serentak di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, masing-masing tim pemenangan harus bisa beradaptasi dengan kondisi tersebut.

Tim pemenangan harus bisa merumuskan startegi baru dan mengeksekusinya dengan cepat, sehingga bisa membuka ruang kemenangan di sisa waktu yang kurang dari dua bulan ini," jelas mantan Konsultan pemenangan Paslon Andi Irwan Hamid-Alimin di Pilkada Pinrang ini.

Mukhlis JS menyampaikan, Pilkada kabupaten ini tidak bisa dilihat hanya dalam konteks lokal saja, tapi lebih dari itu, menjadi ajang pra kondisi elit politik menuju Pilgub Sulbar mendatang. Karena itu, sikap politik Gubernur Sulbar sangat menentukan, apalagi jika ABM mempersiapkan diri untuk periode kedua.