Sulsel

Edukasi Masyarakat lawan Covid 19, UKM LDK MPM Unhas Gelar Khasiat

Edukasi Masyarakat lawan Covid 19, UKM LDK MPM Unhas Gelar Khasiat

Seputarsulawesi.com, Makassar- UKM LDK MPM Unhas bekerjasama dengan LD Salsabil Fakultas Farmasi Unhas dan BEM KEMAFAR-UH menyelenggarakan kegiatan Kajian Hangat Sains dan Islam Terkini (Khasiat) dengan tema "Lawan Covid-19 dengan Iman dan Imun".

Kegiatan tersebut dilaksanakan Sabtu 08 Agustus 2020 dengan jumlah peserta sebanyak 449 orang yang datang dari berbagai kalangan, diantaranya mahasiswa, para tamu undangan yang terdiri dari dosen, staf akademik dan pengurus lembaga, hingga dari kalangan pelajar.

Baca juga: Mahasiswa Unhas Buat Peta Penanganan Covid-19 di Desa Jeqnetallasa

"Alhamdulillah, acara ini terlaksana berkat support oleh beberapa pihak, diantaranya Lembaga Bimbel Juara UKAI (Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia) dan Syahidah Store," papar Ochank Akhsan via rilisnya ke Seputarsulawesi.com, Senin, 10 Agustus 2020. 

Adapun yang menjadi narasumber kegiatan ini adalah Firzan Nainu, M.Biomed. Ph.D, dosen di Fakultas Farmasi Unhas, dan Ust. dr. Raehanul Bahraen, M.Sc., Sp.PK.

Lewat aplikasi daring meeting zoom itu, Firzan Nainu menyampaikan bahwa bahwa virus Sars Cov-2  ini tidak bisa dianggap remeh dan menghimbau peserta webinar untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

Menurutnya, anjuran untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker saat berkomunikasi dengan orang yang tidak tinggal serumah tidak hanya untuk melindungi diri sendiri, tapi  juga melindungi orang lain.    

"Sebaiknya semua orang dianggap berpotensi terinfeksi virus Corona, daripada dikatakan sebaliknya," katanya.

Sementara itu, pemateri nasional, Ust. dr. Raehanul Bahraen, M.Sc., Sp.PK menyampaikan pentingnya menjaga dan menguatkan iman di tengah pandemi covid-19.

Saat sesi tanya jawab dibuka, antusiasme para peserta tampak terlihat jelas, hal terlihat pada kolom komentar yang kebabanyakan datang kalangan muslimah, baik  diakun YouTube private ruangan zoom.  

Salah seorang peserta melalui form saran kegiatan menuliskan, "Lebih banyak mengadakan Webinar/kajian seperti ini untuk menambah wawasan, tidak hanya ilmu dunia tapi juga ilmu akhirat".

Komentar lain mengatakan, di tengah pandemi saat ini memang sangat dibutuhkan ketahanan imun dan kualitas iman yang baik, agar kita senantiasa berada dalam kondisi yang bugar dan sehat, sehingga bisa memaksimalkan diri untuk beribadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala.