Nasional

Hilal Awal Zulhijjah 1441 H Terlihat di Indonesia

Hilal Awal Zulhijjah 1441 H Terlihat di Indonesia

Seputarsulawesi.com, Makassar- Anggota Tim Falakiyah, Kementerian Agama Republik Indonesia, Cecep Nurwendaya mengatakan, ada referensi pelaporan, bahwa hilal awal Zulhijjah 1441 H teramati di wilayah Indonesia pada Selasa, 21 Juli 2020.

"Untuk di Pelabuhan Ratu, posisi hilal saat terbenamnya matahari pada posisi 7,82 derajat dengan umur bulan 17 jam 20 menit, 37 detik,"  jelas Cecep saat sidang itsbat di Kementerian Agama, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta, Selasa 21 Juli 2020.

Cecep menyampaikan, hilal awal Zulhijjah 1441 H yang terlihat pada hari Selasa, 21 Juli 2020 itu sudah memenuhi kriteria visibilitas hilal yang ditetapkan Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS), yaitu, tinggi hilal minimal 2 derajat, elongasi bulan ke Matahari minimal 3 derajat atau umur hilal minimal 8 jam.

Hadir dalam kesempatan ini, Menag Fachrul Razi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Muhyiddin Junaidi, Ketua Komisi VIII,  Yandri Susanto, Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, dan Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin. Sidang juga diikuti perwakilan ormas Islam melalui aplikasi daring.