Sulbar

Info Terbaru Pasien Covid-19 di Sulbar

Info Terbaru Pasien Covid-19 di Sulbar

Keterangan Gambar : Istimewa

Seputarsulawesi.com, Mamuju- Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Barat merilis data terbaru pasien Covid-19 di Sulbar. Info tertanggal 7 Mei 2020 itu menyebutkan jumlah pengidap Corona, dengan rincian sebagai berikut: 

  1. Jumlah ODP sebanyak 1430. Selesai pemantauan, 1294, proses pemantauan 135,  meninggal satu orang.
  2. Jumlah OTG sebanyak 588. Selesai pengawasan 248, proses pengawasan 240. 
  3. Jumlah PDP sebanyak 62 orang. Selesai pengawasan 33. Proses pengawasan 24. Meninggal dunia lima orang.

Selain itu, Kamis 7 Mei 2020, Gugus Tugas Covid-19 Sulbar juga telah menerima surat keterangan dari dokter Siloam hospital Makassar.

Baca juga: Penanganan Kovid-19 di Polman Dinilai Minim Sosialisasi dan Edukasi

Surat tertanggal 6 Mei 2020 itu menyebutkan bahwa kasus 02 inisial Tn. AA dari Kabupaten Mamuju berdasarkan hasil pemeriksaan RT-PCR /SWAB tes pada tanggal 16 april 2020 dan 28 april 2020 didapatkan hasil negatif.

Sementara jumlah pasien positif, Kamis 7 mei 2020, berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium Covid-19 di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar dikabarkan sebanyak tiga orang.

Namun demikian, hal itu merupakan hasil swab kontrol , dan sudah pernah dirilis sebelumnya pada tanggal 24 april 2020 . Sehingga 3 kasus ini bukan merupakan kasus baru atau bukan kasus tambahan.

Adapun rincian data positif corona per-kabupaten hingga 7 Mei 2020, Pukul 16.00 wita sebanyak 58 orang dengan rincian sebagai berikut:

  1. Kabupaten Majene dua pasien. Satu orang sudah dinyatakan sembuh, dan satunya lagi di karantina di RS Regional Mamuju.
  2. Kabupaten Mamuju empat pasien, dua orang sudah dinyatakan sembuh, dan dua orang lainnya diisolasi mandiri di gedung karantina rumah sakit Regional Mamuju.
  3. Kabupaten Pasangkayu lima pasien, satu orang sudah dinyatakan sembuh, 3 orang dirawat di RSUD Pasangkayu, dan satu orang isolasi mandiri di Pasangkayu serta dalam pengawasan tim gugus setempat.
  4. Kabupaten Mamuju Tengah 32 pasien. Satu orang dinyatakan sembuh, delapan orang dirawat di RS Regional Mamuju, dua orang dirawat di RSUD Kabupaten Mamuju tengah, 20 orang di rawat di gedung karantina Salugatta, dan satu orang meninggal Dunia.
  5. Kabupaten Polewali Mandar 15 pasien, 12 orang dirawat di RSUD Polman, Satu orang dirawat di RS Wahidin Makassar, satu orang isolasi mandiri di kediamannya, dan satu orang meninggal dunia.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Sulbar meminta agar masyarakat Sulbar tetap memperkuat persatuan dan kebersamaan melawan Covid-19 ini. 

Selain itu, pihaknya juga menghimbau warga untuk tetap waspada, khususnya bagi mereka yang sudah lanjut usia, orang dengan masalah kesehatan serius dan perokok berat, sebab mereka ini memiliki risiko tinggi dan bisa berakibat fatal jika terinfeksi virus. Apalagi  sejauh ini, obat yang bisa menyembuhkan penyakit Covid-19 belum diketemukan.