Sulsel

Ini Tempat Belajar Bahasa Inggris Paling Murah di Makassar

Ini Tempat Belajar Bahasa Inggris Paling Murah di Makassar

Seputarsulawesi.com, Makassar- Mungkin nama ini tidak asing lagi bagi para penggiat sosial dan pendidikan, khususnya yang bergelut di dunia pengembangan bahasa. Forum Kampung Bahasa Sulawesi (FKBS), sebuah lembaga sosial yang bergerak di bidang pendidikan, yang untuk saat ini konsen pada pengajaran bahasa Inggris.

FKBS didirikan oleh anak-anak muda Bugis-Makassar. Awalnya, FKBS terinspirasi oleh model pendidikan di Kampung Bahasa Pare Kediri, yang kini menjadi destinasi utama bagi para pembelajar bahasa. Di sela-sela aktifitas mengajar, Kamardi (Koordinator Pengembangan Kurikulum FKBS) mengungkapkan bahwa Kampung Bahasa Pare adalah surga kecil pendidikan yang selayaknya menjadi salah satu prototype dunia pendidikan kita, olehnya FKBS mencoba mentransformasi spirit Kampung Bahasa Pare tersebut di Makassar, karena kami di FKBS memiliki motto "Lao Sappa Deceng, Lisu Mappadeceng" tuturnya.

Lembaga yang berdiri sejak 2012 yang lalu ini, kini telah memiliki 4000-an Alumni yang telah tersebar diberbagai wilayah, baik dalam negeri maupun luar negeri. Kunci kesuksesan FKBS menggaet banyak peserta kursus diusia yang terbilang baru (tiga tahun), ternyata ada pada visi yang mereka usung, yaitu memperjuangkan pendidikan Murah, Merakyat, Berkualitas, Berkarakter dan Religius.

FKBS kini sedang fokus mengembangkan dua kontrensasi program, yaitu Program Sosial yang tidak berbayar, dan Program Profesional yang berbayar dengan biaya relatif terjangkau. Program sosial yang sudah berjalan adalah mengajar di beberapa panti asuhan dan komunitas sosial non-profit di Makassar, terang Akhri Jetendra (Koordinator Humas FKBS).

Adapun program profesional salah satunya adalah FKBS Course, di sini mungkin anda akan setengah kaget melihat biaya yang ditawarkan, untuk belajar Vocabulary (kosa kata) anda hanya perlu merogo koceh 100.000 untuk satu bulan kursus, Speaking 125.000/bulan, Pronunciation 125.000/bulan, Grammar 200 ribu/bulan, TOEFL 300.000/bulan dan IELTS 450.000/bulan, pungkasnya.

Biaya-biaya kursus tersebut adalah yang termurah di Makassar, karena ternyata salah satu tujuan FKBS didirikan adalah sebagi kritik terhadap elitisasi pendidikan. Soal kualitas silahkan tidak usah ragu, karena 4000-an orang sudah mencobanya.

Saat ini FKBS tengah mengelola Tempat Kursus Bahasa Inggris (English Course) di dua tempat di Kota Makassar, yaitu FKBS Course Unit Tamalate (Jln. Poros Tamalate 2 Blok 11 No 11) dan FKBS Course Unit Tamalanrea (Jln. Perintis Kemerdekaan 7 No 3). (SAP)