Sulsel

Jelang Lebaran, Agenda Kakanwil Kemanag Sulsel Makin Padat

Jelang Lebaran, Agenda Kakanwil Kemanag Sulsel Makin Padat

Seputarsulawesi.com, Makassar- Jelang lebaran, agenda Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kakanwil Kemenag) Sulawesi Selatan, H. Anwar Abubakar semakin padat. Dalam sehari, ia harus menuntaskan tiga agenda penting dalam durasi waktu yang cukup berdekatan.

Bagi pejabat sekelas H. Anwar Abubakar, tentu aktivitas semacam ini sudah menjadi hal biasa. Namun menjadi tidak lazim, karena beliau harus beraktivitas di tegah suasana yang tidak seperti biasanya, yakni masa pandemi covid-19.  

Baca juga: Jokowi Himbau Rakyat Indonesia Tidak Panik dan Cemas Hadapi Corona

Agar bisa sedikit leluasa menyelesaikan tugas dan amanah negara tersebut, ia harus memulai aktivitasnya di pagi buta. Hal itu terlihat Jumat pagi, 15 Mei 2020 kemarin, tampak mobil dinasnya bergerak menuju Jalan Urip Sumiharjo Makassar.

Meski dalam suasan puasan Ramadan, tampaknya, ia tak ingin terlambat menghadiri Rapat koordinasi rencana pelaksanaan Halal Bi Halal tingkat Provinsi Sulsel, di Ruang Rapat Sekda Kantor Gubernur Sulsel itu.  

Usai rapat di Kantor Gubernur, Kakanwil Kemenag Termuda se-Indonesia bergegas menuju Gedung Balai Prajurit Jend. M. Jusuf (Gedung Manunggal) yang saat ini menjadi Posko Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulsel, guna mengikuti Rapat Koordinasi Perkembangan Penanganan Pandemi Covid 19 di Sulsel.

Usai mengikuti Rapat tersebut, dirinya langsung bergerak menuju Kantor Bank Syariah Mandiri (BSM) Region delapan Makassar, guna menjadi nara sumber dalam acara Kajian Ramadan yang diselenggarakan oleh BSM kerjasama dengan Kanwil Kemenag Sulsel.

Di kegiatan yang bertemakan ”Menakar Kadar Amaliyah selama Pendemi Covid-19” itu, H. Anwar Abubakar menghimbau masyarakat agar senantiasa bersabar, mematuhi himbauan pemerintah dan protokol kesehatan, seperti pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, terapkan pola hidup sehat untuk meningkatkan imun Tubuh dan sebagainya.

Di kesempatan tersebut, tak lupa pula, ia menyampaikan agar masyarakat mematuhi pedoman dan surat edaran Menteri Agama RI untuk melaksanakan ibadah Ramadan di rumah, demikian pula dengan salat Id.

“Mari patuhi imbauan pemerintah, seraya terus berdoa semoga situasi ini bisa segera berakhir,” ungkap Anwar.

Tak terasa, Anwar mengisi acara ini kurang lebih dua jam lamanya, disebabkan karena banyaknya respons dan pertanyaan dari nitizen yang harus ia jawab.  

Jelang Salat Ashar, acara dialog ini ditutup, dan diakhiri dengan penyerahan secara Simbolis Bantuan Sosial dari BSM, khusus kepada sejumlah para Imam Masjid dan Guru Ngaji yang terdampak Covid-19.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BSM Regional delapan Makassar, Kemas Erwan Husaini yang juga selaku Regional CEO.

Iklan Tengah