Sulsel

Kakanwil Kemenag Sulsel Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kantor KUA Batang

Kakanwil Kemenag Sulsel Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kantor KUA Batang

Seputarsulawesi.com, Jeneponto- Setelah sekian lama masyarakat yang berdomisili di Kecamatan Batang, Kabupaten Jeneponto menunggu pembangunan Kantor KUA, akhirnya warga setempat, saat ini bisa bernafas lega. Pasalnya, kantor KUA Baru kini mulai dibangun.

 

Baca juga: Pesta Panen Desa Jenetallasa, Langkah Awal Menuju Kemandirian Petani

Proses Pembangunannya ditandai dengan Peletakan Batu Pertama yang dilakukan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel H. Anwar Abubakar. Lokasi kantor KUA Baru tersebut berada di Capponga, Kelurahan Togo-Togo,  Jln Lanto Dg.Pasewang  atau sekira 2 km dari KUA Kecamatan Batang yang Lama.

 

Turut menyaksikan dan mendampingi kakanwil di Acara tersebut,  Kabid Urais dan Binsyar H. Muhammad Natsir, Kepala Seksi Bina paham keagamaan dan Kepustakaan, H. Suardi, Kepala Seksi Bina Lembaga Sapras  KUA  H. Sawedi, Camat Batang, Basuki, SH. Koramil dan Kapolsek dan Lurah Togo-Togo.

 

Hadir pula, Kepala Kantor Kemenag, H. Saharuddin dan Kepala Seksi Pengawas Madrasah Wilayah Batang, Kepala KUA se-Kabupaten Jeneponto, serta PPK dan pelaksana pembangunan Kantor tersebut .

 

Sebelum dimulainya Peletakan Batu Pertama, Kepala Kantor Kemenag Jeneponto melaporkan bahwa pada dasarnya warga masyarakat Jeneponto, khususnya Kecamatan Batang sangat bersyukur atas realisasi pembanunan Balai Nikah dan Manasik Haji yang ke tujuh di Jeneponto itu.

 

“Anggaran pembangunan kantor tersebut bersumber dari SBSN dan mudahan tahun selanjutnya masih berlanjut karena tersisa emapat kecamatan yang membutuhkan bangunan Baru,” terang H. Saharuddin, Kepala Kantor Kemenag Jeneponto, 11 Agustus 2020.

 

Dalam laporannya tersebut, Kakankemenag Jeneponto Juga meyampaikan bahwa  Bangunan Balai Nikah KUA Kecamatan Kelara adalah bangunan terbaik di Sulsel, sebab mampu menduduki urutan ketiga se-Indonesia.

 

“Olehnya itu melalui kesempatan ini, kami berharap kepada pelaksana agar apa yang dilakukan pada pembangunan Balai Nikah KUA Kelara dapat pula dilaksanakan di tempat ini, minimal sama dan bahkan lebih baik lagi dari yang sebelummnya,” harap H. Saharuddin.

 

Sementara itu, Camat Batang Basuki, menyampaikan rasa terima kasih, sebab bagunan tersebut sangat dibutuhkan oleh warga setempat. Menurutnya, dengan adanya pembungan Balai Nikah dan manasik haji itu, pihaknya yakin dapat memberikan manfaat, khususnya untuk peningkatan pelayanan keagamaan secara maksimal.

 

“ Olehnya itu demi kelancaran proses pembangunan ini perlu kerjasama dan koordinasi yang super intens antara pelaksana dan pengawas, agar bangunan ini bisa selesai tepat waktu dengan hasil terbaik,” katanya sambutannya tersebut.