Sulbar

Ke Lima Anak ini Terpaksa Jual Sayur untuk Penuhi Kebutuhan Keseharian Mereka

Ke Lima Anak ini Terpaksa Jual Sayur untuk Penuhi Kebutuhan Keseharian Mereka

Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Kelima anak bersaudara ini  tinggal bersama neneknya di Dusun Pasembarang, Desa Batetangga, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar setelah kedua orang tua mereka meninggal dunia.

Salah seorang warga setempat mengatakan, ibu dari kelima anak bernama Jelma (14), Julia (13), Ardilla (12), Hapis (10) dan Beby (9) ini meninggal dunia pada tahun 2010, sementara ayahnya meninggal dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2012.

Dalam kesehariannya, ke lima anak ini bekerja memetik sayur di salah satu kebun milik warga setempat, kemudian dijajankan dengan menggunakan gerobak berkeliling kampung dan pasar, tak lain untuk mencukupi kebutuhan keseharian mereka bersama neneknya yang sudah berusia lanjut.

Tak hanya itu, menurut warga yang tak ingin dipublikasikan namanya itu mengatakan, mereka terkadang berjalan kaki berkilo-kilo hanya untuk menjajankan dagangannya tersebut, dan yang lebih memiriskan lagi, salah seorang diantara mereka terkadang sakit dan tak sadarkan diri saat mendorong gerobak sayur tersebut.
 
Menanggapi hal itu, salah seorang anggota DPRD Sulbar, Syukri Umar meminta agar pemerintah Kabupaten Polman  segera melakukan langkah kongkrit dalam menjawab persoalan kemiskinan tersebut.

“Ini bukan hanya kondisi kelima anak itu, tetapi masih banyak lagi warga miskin lainya yang belum tersentuh. Apalagi Polman masuk kategori daerah tertinggal dan tingginya angka kemiskinan,” terangnya, Jumat (29/1/16).

Syukri mengatakan, kehadirannya di lokasi tersebut bukan karena semata ia adalah anggota DPRD Sulbar, tapi murni karena panggilan kemanusiaan "Siapa yang tidak miris dan peduli dengan kondisi anak seperti ini" katanya lagi. (SAP/ICP)