Sulsel

KPU Bantaeng Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan

KPU Bantaeng Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan

Seputarsulawesi.com, Bantaeng- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantaeng kembali menggelar rapat pleno Rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan periode Juli 2020, di Aula Kantor KPU Kabupaten Bantaeng, Jumat 24 Juli 2020.

 Rapat Pleno tersebut, juga dirangkaikan dengan Penandatangan Perjanjian Kerjasama antara KPU Kabupaten Bantaeng dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat.

Baca juga: Prinsip KPU Lakukan Pendataan, Lebih Baik Dobel Daripada Tidak Terdata Sama Sekali

Ketua KPU Kabupaten Bantaeng, Hamzar mengatakan bahwa agenda Rapat Pleno Rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan adalah agenda bulanan yang dilaksanakan secara rutin dengan melibatkan beberapa pihak.

Hamzar mengatakan, KPU Kabupaten Bantaeng setiap saat melakukan pembaharuan data pemilih yang digunakan pada waktu Pemilu 2019. Pemilih yang diyatakan tidak memenuhi syarat akan dihapus, sementara mereka atau warga memenuhi syarat sebagai pemilih, akan segera didaftarkan.

“Demikian pula, pemilih yang mengalami perubahan status pada elemen datanya.  Inilah yang kami rekap setiap bulannya dan kami agendakan dalam bentuk Rapat Pleno,” ungkapnya.

Hamzar menambahkan, rekapitulasi yang ditetapkan melalui Rapat Pleno tersebut pada perkembangan kedepannya masih fluktuatif, tergantung dinamika perkembagan penduduk dan laporan dari masyarakat dan pihak lainnya.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantaeng, Drs. Ali Imran, M. Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya akan mensupport dan membangun kerjasama dengan KPU Kabupaten Bantaeng untuk agenda-agenda pembangunan demokrasi.

“Insya Allah, kami siap mensupport dan membangun kerjasama dengan KPU Kabupaten Bantaeng dalam melakukan kegiatan-kegiatan pembangunan politik yang lebih baik,” terangnya.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Bantaeng, Muhammad Saleh menyampaikan bahwa Bawaslu akan terus mengawal apa yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Bantaeng dan berharap agar kerjasama yang sedang terbangun dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantaeng dapat mempermudah dalam melakukan pemutakhiran Data Pemilih, termasuk ketika memasuki tahapan penyelenggaraan Pemilihan atau Pemilu.

“Kami akan mengawal agenda ini dan berharap dapat memberikan sumbangsih untuk penyelenggaraan tahapan berikutnya. Kami mengapresiasi kolaborasi yang terbangun ini,” kata Saleh.

Sebagai bentuk implementasi kerjasama tersebut, dipenghujung acara dilakukan penandatangan Perjanjian Kerjasama antara KPU Kabupaten Bantaeng dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantaeng, yang ditandatangani oleh Pimpinan Kedua lembaga tersebut yang disaksikan langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Bantaeng.