Sulsel

KPU Bantaeng Tetapkan DPB Sebanyak 145.424 Pemilih

KPU Bantaeng Tetapkan DPB Sebanyak 145.424 Pemilih

Seputarsulawesi.com, Bantaeng- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantaeng menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan periode Triwulan Kedua, Jumat, 19 Juni 2020.

 

Baca juga: Bicarakan Kesepahaman Bersama, Ketua KPU Bantaeng Temui Bupati di Rujab

Rapat yang dihelat di Aula HKM KPU Bantaeng itu menetapkan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) sebanyak 145.424 Pemilih, dengan rincian 70.397 Laki-laki, 75.027 Perempuan.


Ketua KPU Kabupaten Bantaeng, Hamzar dalam rapat tersebut menyampaikan,  Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan adalah amanah Undang-undang yang mesti dijalankan guna memelihara Daftar Pemilih yang telah ditetapkan pada Pemilu sebelumnya. 


"Rapat Pleno ini kami lakukan setiap bulannya dengan melibatkan pihak lain," jelas Hamzar usai memimpin Rapat Pleno tersebut.


Hamzar berharap agar warga masyarakat, pemerintah setempat dan stakeholder, termasuk Partai Politik agar dapat memberikan masukan dan tanggapan terhadap pemilih, baik yang telah memenuhi syarat maupun yang tidak. 


Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Bantaeng, Nuzuliah Hidayah mengungkapkan bahwa Bawaslu akan terus melakukan upaya pengawasan dalam memastikan DPT yang telah ditetapkan sebelumnya tetap berlanjut dan terpelihara, agar akurasi dan validasinya dapat dipertanggungjawabkan.

 

"Kami akan tetap melakukan validasi terhadap data pemilih yang telah disusun oleh KPU Kabupaten Bantaeng," tegasnya.


Senada dengan itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banteng, Ali Imran mengatakan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantaeng tetap bertekad untuk memberikan dukungan ke KPU Kabupaten, termasuk dalam hal pemberian data Disdukcapil.


"Kami mensupport kerja-kerja KPU dan akan memberikan data sesuai data yang bisa kami berikan," ungkapnya.


Terkait dengan perjanjian Kerjasama yang telah digagas sebelumnya, setelah mendengar pemaparan Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Agusliadi, Kasubbag Hukum KPU Kabupaten Bantaeng, Mahbub Ali Muhyar dan mendengar pandangan Kepala Dinas Disdukcapil, Ali Imran serta Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil setempat, Abdul Haris, disepakati untuk melanjutkan gagasan Perjanjian Kerjasama untuk hal-hal yang lebih teknis, sesuai kebutuhan, yang akan dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama tersebut dengan memperhatikan regulasi yang berlaku.


Tampak hadir dalam rapat ini, Sekretaris dan Kasubbag lingkup KPU Bantaeng, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan dan Tim IT Disdukcapil, serta Komisioner Bawaslu Kabupaten Bantaeng, Divisi Pengawasan.


Di akhir acara dilakukan penyerahan Berita Acara Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantaeng dan Bawaslu Kabupaten Bantaeng.