Sulbar

KPU Polman Luncurkan Aplikasi Mobile Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

KPU Polman Luncurkan Aplikasi Mobile Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

Keterangan Gambar : FB Muslim Sunar

Seputarsulawesi.com, Polman- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polewali Mandar meluncurkan aplikasi mobile pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Hal itu dimaksudkan sebagai tindak lanjut dari surat edaran KPU RI. Surat edaran bernomor: 181/PL.02.1-SD/01/KPU/11/2020 dikeluarkan di Jakarta pada 8 Februari 2020 lalu.

Komisioner KPU Polewali Mandar, Muslim Sunar meminta agar warga Polman, baik yang belum terdaftar sebagai pemilih, mengalami perubahan identitas kependudukan, pemilih pemula atau punya sanak famili yang meninggal dunia segara melaporkan dengan mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak KPU Polman.

Baca juga: Warga BTP Curhat Soal Pengentasan Kemiskinan ke Andi Mustaman

Adapun formulir pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tersebut bisa diakses melalui layanan berikut, silahkan klik Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan KPU Kabupaten Polewali MandarTahun 2020

Muslim berharap, dengan adanya aplikasi mobile pemutakhiran data itu, bisa memudahkan masyarakat atau pemilih yang telah memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri. Sementara bagi mereka yang belum memahami cara kerja aplikasi mobile oneline tersebut, kata Muslim bisa berkonsultasi langsung dengan pihak KPU Polman.

"Warga juga bisa berkonsultasi langsung ke kami (KPU Polman) di Kantor, kami siap melayani," kata Muslim Sunar, Sabtu, 4 Apri 2020.

Lebih lanjut, Divisi Data KPU Polewali Mandar ini menyampaikan, selain mengsosialisasikan aplikasi mobile pemutakhiran itu, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Disdukcapil Kabupaten Polman untuk mendapatkan by name by adress penduduk yang up to date, serta terus berkoordinasi dengan Kepolisian dan TNI untuk mendapatkan data pensiunan personel dan data taruna Baru TNI / Polri.

"Kita juga berkoordinasi dengan 34 SLTA sederajat se-kabupaten Polman untuk mendata siswa-siswi yang memenuhi syarat untuk didaftar sebagai pemilih. Harapan kami masyarakat bisa berpartisipasi aktif mendaftarkan dirinya," katanya lagi.

Sementara itu, Maman Rahman, warga Lampa Mapilli mengapresiasi program aplikasi mobile  pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tersebut. Menurutnya, apalikasi tersebut punya manfaat luar biasa, dan sangat membantu masyarakat.

"Aplikasi ini sangat membantu, apalagi lagi di tegah emergency virus corona," jelas pria yang kesehariannya bekerja sebagai Pendamping Desa di Polewali Mandar ini.