Sulsel

Kwartir Cabang Wajo Gelar Musyawarah Cabang

Kwartir Cabang Wajo Gelar Musyawarah Cabang

Seputarsulawesi.com, Wajo- Masa bakti Kepengurusan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo telah berakhir. Olehnya itu, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo ini melaksanakan kegiatan Musyawarah Cabang (Muscab), di Aula Ruang Pola Kompleks Kantor Bupati Wajo, Rabu, 19 Agustus 2020.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh H. Jasman Juanda selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo, pengurus harian,  perwakilan Pengurus Kwartir Ranting se-Kabupaten Wajo.

Baca juga: Peringati Hari Pramuka, Kwartir Cabang Wajo Terapkan Protokol Kesehatan

Hadir juga di kegiatan ini, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat (Kapusdiklatcab), pelatih serta Pelaksana Tugas Ketua Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tingkat Cabang (DKC Wajo).

Jasman Juanda selaku Ketua Kwartir  Cabang Wajo mengungkapkan bahwa kepengurusan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo telah menyelesaikan masa baktinya. Untuk itu, Musyawarah Cabang dilaksanakan dan sekaligus menjadi wahana evaluasi pergerakan Pramuka, khususnya di Kabupaten Wajo.

Berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, Musyawarah Cabang dilaksanakan setiap sekali dalam lima tahun dan sekurang-kurangnya dihadiri oleh dua per tiga jumlah kwartir ranting yang ada.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa acara pokok dalam Musyawarah Cabang terdiri dari penyampaian, pembahasan dan pengesahan Laporan Pertanggungjawaban Kwartir Cabang selama masa bakti termasuk pertanggungjawaban keuangan.

Selain itu, penyampaian hasil pemeriksaan keuangan Kwartir oleh Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kwartir Cabang, Penyampaian, pembahasan serta pengesahan rencana Kwartir Cabang untuk masa bakti berikutnya.

Dan yang lebih penting adalah pemilihan Ketua Kwartir Cabang untuk masa bakti berikutnya, pemilihan anggota formatur untuk menyusun komposisi kepengurusan serta pemilihan ketua dan anggota Lembaga Pemeriksa Keuangan untuk masa bakti berikutnya.

“Mewakili segenap pengurus, saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus di jajaran Kwartir Cabang baik Pelatih, andalan, Dewan Kerja serta pengurus Kwartir Ranting yang turut membesarkan Gerakan Pramuka,” ujar Jasman Juanda.

Lebih lanjut Jasman menyampaikan, permohonan maaf jika sekiranya dalam masa kepemimpinannya, periode 2015-2020 terdapat kekeliruan, kesalahan serta khilaf.

Ia berharap, momentum Musyawarah Cabang tersebut, menjadi langka awal dalam mewujudkan kaderisasi kepemimpinan ditingkat Kwartir.