Sulsel

Mahasiswa Unhas Buat Peta Penanganan Covid-19 di Desa Jeqnetallasa

Mahasiswa Unhas Buat Peta Penanganan Covid-19 di Desa Jeqnetallasa

Seputarsulawesi.com, Gowa - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, Universitas Hasanuddin (Unhas) Gelombang 104 Tahun 2020 buat peta penanganan Covid-19 di Desa Jeqnetallasa, Kabupaten Gowa.

 

Baca juga: Pasien Covid-19 Sulbar Bertambah 20 Orang

Pemetaan tersebut selain sejalan dengan tema KKN Tematik “Bersatu Melawan Covid-19”, juga bertujuan untuk mendorong kepedulian dan partisipasi civitas akademika dalam pencegahan penularan virus Covid-19 yang telah mewabah 5 bulan terakhir di Indonesia.

 

Khusus Posko 4, Kabupaten Gowa, mahasiswa KKN yang beranggotakan 19 orang dan satu dosen Pendamping telah melakukan berbagai kegiatan di tujuh desa yang berbeda. Salah satunya di Desa Jeqnetallasa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa.

 

Adapun program yang telah dilaksanakan di Desa Jeqnetallasa adalah pengadaan data desa berbasis spasial. Program kerja yang diajukan di desa ini bersifat jangka panjang. Hasil data desa berbentuk spasial itu akan dicetak dalam bentuk peta dan diserahkan ke perangkat desa.

 

"Peta yang dihasilkan memuat fasilitas umum dan khusus di desa dilengkapi beberapa Posko Penanganan Covid sesuai tema KKN," jelas Debby Pebriyani, salah satu peserta KKN Posko 4 Kabupaten Gowa, Sabtu 8 Agustus 2020.

 

Mahasiswi Jurusan Ilmu Kelautan angkatan 2017 ini menyampaikan, peta yang telah dicetak itu telah diserahkan ke Kepala Desa Jeqnetallasa pada Rabu, 5 Agustus 2020 lalu di Kantor Desa.



 

“Selain data dan peta yang diberikan ke pihak pemerintah sesa, saya juga memberikan pelatihan singkat untuk pembaharuan data yang diikuti dua orang perangkat desa,” ujar Debby.

 

Sementara itu, Staf Pemerintahan Desa Jeqnetallasa, Andika Aldila mengapresiasi program pembuatan peta tersebut. 

 

Ia mengatakan, pelatihan singkat yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi android itu sangat bermanfaat untuk penambahan titik fasilitas desa yang baru kedepannya.

 

Selain itu, ia juga mengatakan, program kerja mahasiswa KKN Unhas itu adalah upaya untuk mendorong peningkatan kepedulian masyarakat Desa Jeqnetallasa dalam hal pencegahan penularan Covid-19.

 

Olehnya itu, Andika Aldila mengaku mendukung sepenuhnya program yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Unhas itu. Apalagi dengan adanya penyajian data demografi, fasilitas umum dan khusus di desa dalam bentuk data spasial dan peta.

 

"Ini sangatlah membantu kami selaku pemerintah desa,” ujar Andika.