Sulbar

Pasien Covid-19 di Sulbar Terus Bertambah, Saat ini Sudah 119 Kasus

Pasien Covid-19 di Sulbar Terus Bertambah, Saat ini Sudah 119 Kasus

Seputarsulawesi.com-Mamuju- Dalam sepakan terakhir, kasus Covid-19 di Sulbar mengalami peningkatan. Hanya berselang sehari, Tim Gugus tugas kembali mengabarkan penambahan kasus Covid-19 di wilayah tersebut, setelah sebelumnya, Rabu, 1 Juli 2020, Tim Gugus Tugas setempat merilis informasi penambahan Covid-19 sebanyak dua orang. 

Berdasarkan hasil pemeriksaan dari BPOM Mamuju, TCM RS Regional Mamuju  dan TCM RSUD Polewali Mandar menyebutkan bahwa ada dua penambahan kasus positif pada tanggal 1 Juli 2020.  Satu dari kabupaten Mamuju dan satunya lagi dari Kabupaten Polewali Mandar.

Baca juga: Pasien Covid-19 di Sulbar Bertambah

"Meski demikian, terdapat satu penambahan kasus sembuh dari Polewali Mandar,” jelas Saparuddin, Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Sulbar via rilisnya, Kamis 2 Juli 2020. 

Adapun pasien Positif dari Kabupaten Mamuju tersebut adalah  kasus  118,  laki-laki dengan inisial an. BCDP berasal dari Kelurahan Simboro, Mamuju. Pasien berusia 6 tahun itu bukan pelaku perjalanan dari luar kota. Namun pasien dikabarkan punya kontak erat dengan kasus 117 , inisial Tn.Ra.

Sementara kasus pasien  Positif dari Polman, menurut Saparuddin adalah Kasus 119,   inisial Ny. Da. Nyonya Da mengaku tidak pernah berpergian ke luar daerah selama Covid-19 dan juga mengaku tidak pernah kontak langsung dengan kasus konfirmasi.

Namun demikian,  gejala yang dialami oleh perempuan berusia 59 tahun ini adalah sakit perut tembus ke belakang, lemas dan batuk. Nyonya Da sempat datang ke klinik Swasta di Polman pada Sabtu tanggal 20/6/2020 untuk dirawat dengan keluhan penyakitnya itu.

"Sebelum pasien dirawat, ia sempat menjalani rapid tes dan hasilnya Reaktif," kata Saparuddin. 

Nyonya Da diinfus selama kurang lebih dua jam, dan dokter Klinik  memberikan surat pengantar untuk melapor ke PKM Wonomulyo untuk dilakukan pemeriksaan swab, dan hasil Swabnya pun Positif.   

Adapun Kasus Sembuh dari Polman adalah kasus  96,   Laki-laki, usia 24 Tahun   inisial  Tn.Wa. Pasien dirawat di RS Pratama Wonomulyo sejak tanggal 11 Juni  2020 yang merupakan pelaku perjalanan dari Sulteng, pada tanggal 2 Juli  dengan hasil  lab dua kali negatif, maka yang bersangkutan dinyatakan sembuh. 

Hingga saat kasus  sembuh covid-19 di sulbar pertanggal 2 Juli  2020, kata Saparuddin sebanyak   85  orang. Sementara data positif Covid-19 sampai dengan tanggal  2 juli  2020  pukul 16.30 wita sebanyak 119  orang.