Nasional

Pemuda Katolik Jakarta Gelar KKM Secara Daring

Pemuda Katolik Jakarta Gelar KKM Secara Daring

Seputarsulawesi.com, Jakarta- Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19, hal itu tidak menyurutkan niat Pemuda Katolik DKI Jakarta untuk menyelenggarakan Kursus Kepemimpinan Menengah (KKM) Tahun 2021 yang rencananya dilaksanakan secara daring dalam tiga kali serial.

Kegiatan tersebut rencananya akan dimulai pada Selasa, 16 Maret 2021, Kamis, 18 Maret 2021 dan Sabtu, 20 Maret 2021. 

Baca juga: Hari Ini, Imam Shamsi Ali akan Jadi Penceramah Hikmah HBH KKMSB Sulsel

Kegiatan yang bertemakan “Pemuda Katolik Unggul, 100 % Katolik 100% Indonesia”  ini adalah bagian dari jenjang pembinaan atau kaderisasi  Pemuda Katolik di tingkat menengah yang diselenggarakan oleh Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) atau setingkat Provinsi. 

Adapun peserta kegiatan ini adalah lulusan Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) pada tingkat Komisariat Cabang atau setingkat kabupaten/kota. Selain itu, kegiatan ini juga digelar secara terbuka bagi Kader Pemuda Katolik Seluruh Indonesia yang memenuhi syarat dan ketentuan. 

Ketua Pemuda Katolik Komda DKI Jakarta, Bondan Wicaksono menerangkan, selain menjadi kewajiban Pengurus Komda untuk melaksanakan KKM, kegiatan ini juga adalah kegiatan Perdana yang digelar secara daring, tentunya dengan pertimbangan masih belum selesainya pandemi Covid-19 

“Pemuda Katolik DKI Jakarta berkomitmen untuk tetap melaksanakan KKM sebagai upaya untuk membuahi, mematangkan dan menyiapkan kepemimpinan dalam tubuh organisasi Pemuda Katolik," ujar Bondan Wicaksono via keterangan tertulisnya ke Seputarsulawesi.com, Minggu, 14 Maret 2021. 

Lebih lanjut, Bondan Wicaksono menambahkan, dengan dilaksanakannya kegiatan KKM itu, pihaknya  turut mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia yang sehat, cerdas, adaptif, inovatif, terampil dan berkarakter, sebagaimana yang tertuang dalam RPJMN 2020 – 2024.

Sementara tema tema KKM  “Pemuda Katolik Unggul, 100 % Katolik 100% Indonesia" menurut Bondan bermaksud agar kader Pemuda Katolik mampu bergerak melibatkan diri dalam kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan masyarakat Indonesia terutama bagi masyarakat kecil, lemah, miskin, tersingkir dan difabel.  

“Olehnya itu,  sebagai warga negara Indonesia, semestinya kita saling bergotong-royong mewujudkan bonnum commune atau kesejahteraan umum,” ujarnya.

Secara terpisah, Wakil Ketua Pemuda Katolik Komda DKI Jakarta Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) Melkianus Da Costa Pirez  memberikan keterangan bahwa rencananya  KKM Pemuda Katolik ini diikuti kader Pemuda Katolik Lintas Komda dan akan dibuka oleh Ketua Umum PP Pemuda Katolik, Karolin Margret Natasa serta turut mengundang Gubernur DKI Jakarta  Anies Rasid Baswedan untuk dapat memberikan sambutan.

Adapun materi pokok yang akan diberikan dalam KKM ini diantaranya;  Spiritualitas Pemuda Katolik dan Ajaran Sosial Gereja sebagai Nafas Gerakan dengan narasumber Romo Y. Edi Mulyono, SJ (Vikep KAJ), Romo Adrianus Suyadi, SJ (Pastor Moderator Pemuda Katolik DKI Jakarta) dan Mike Verawati Tangka (Sekjen Koalisi Perempuan Indonesia/KPI). 

Kedua, Advokasi dan Strategi Gerakan Sosial Pemuda Katolik dan Arah Kebijakan Pemerintah dengan narasumber Stefanus Asat Gusma (Dewan Pakar PP Pemuda Katolik), Wahyu Susilo (Direktur Migrant Care) dan Muhammad Chozin Amirullah (Staf Khusus Gubernur DKI Jakarta). 

Ketiga, Change Management  dan Perencanaan Strategi/ Action Plan” dengan narasumber Azas Tigor Nainggolan (Forum Warga Kota Jakarta/FAKTA) dan Innosentius Samsul (Kepala Badan Keahlian DPR RI).