Sulbar

Pengentasan Buta Aksara akan Jadi Program Utama Kades Batu Panga Daala

Pengentasan Buta Aksara akan Jadi Program Utama Kades Batu Panga Daala

Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Siang itu, wajah Kepala Desa Batu Panga Daala, Abdul Malik Tampak semburat. Ia tidak bisa menyembunyikan kebahagiaan yang terpancar dari wajahnya, saat mengetahui dirinya kedatangan tamu dari Lembaga Pemerhati Lingkungan Hidup (LPLH) Sulbar, Rabu, 10 Juni 2020.

 

Baca juga: Penggunaan Dana Desa untuk Penanganan Covid-19 di Polman Kembali Jadi Sorotan

Bagi Malik, kehadiran LPLH Sulbar itu membawa berkah tersendiri baginya. Sebab dengannya, Malik bisa lebih leluasa berdiskusi soal kemajuan desa.  Apalagi desa yang dipimpinnya selama ini, masih butuh penguatan dalam berbagai aspek, salah satunya adalah upaya penguatan ekonomi desa dan pemberantasan buta aksara. 

 

Di Kantor Desa Batupanga Daala, Malik dan ketua LPLH Sulbar, Abdul Hakim Pariwalino berdiskusi seputar masalah perkembangan paham keagamaan, penuntasan buta aksara dan pertahanan ekonomi desa di masa pandemi Covid-19. 

 

Selain itu, keduanya juga membicarakan langkah-langkah strategis perkembangan SDM dan kemanjuan ekonomi desa. Paling tidak, dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih satu jam itu, ada beberapa point penting yang akan dikembangkan Kepala Desa Batu Panga Daala kedepannya, diantaranya adalah;

 

Kepala Desa Batu Panga Daala akan mencoba menyusun program penuntasan buta aksara baca tulis Alquran dengan mengaktifkan dan memberdayakan guru mengaji yang ada di desa tersebut.

 

Kepala Desa Batu Panga Daala akan membuka sekolah buta aksara, dengan memberdayakan para sarjana pulang kampung. Upaya ini sekaligus untuk menjalankan amanatkan UU 1945 "mencerdaskan kehidupan bangsa".

 

Memberdayakan Ibu-Ibu PKK melalui pertanian alami serta pemanfaatan pekarangan rumah untuk mengsuplai kebutuhan dapur rumah tangga.

 

"Ketiga rencana tersebut akan dimasukkan dalam progran utama desa," jelas Malik.

 

Di akhir masa jabatannya sebagai kepala Desa, Malik berharap ia bisa mempersembahkan sesuatu yang berharga serta bisa membawa manfaat jangka panjang bagi masyarakat yang di pimpinnya.

 

Sekadar diketahui, Desa Batu Panga Daala berada di Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar.

Kunjungan desa yang dilakukan oleh LPLH Sulbar ini adalah agenda rutin yang akan terus berlanjut ke setiap desa yang ada di Polman.

Tujuannya, selain mendiskusikan perkembangan pembangunan desa, juga sebagai bentuk edukasi agar aparat desa bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.