Lintas

Peran Penting Tokoh Agama Jelang Pesta Demokrasi

Peran Penting Tokoh Agama Jelang Pesta Demokrasi

Seputarsulawesi.com, Makassar- Sebagai salah satu elemen masyarakat, peran tokoh agama tidak bisa dinafikan keberadaannya. Ia tak hanya sekadar menjadi panutan umat, tapi juga teladan dalam berbagi hal, termasuk dalam urusan politik-demokrasi.

 

Baca juga: Perkuat Peran FKUB, LAPAR Sulsel Gelar Bincang Online

Demi mewujudkan cita-cita demokrasi yang ideal, tentu keterlibatan tokoh agama menjadi sangat penting.  Sebagaimana diketahui, tokoh agama adalah patron bagi hampir segenap masyarakat. Arahan dan pandangannya menjadi rujukan umat.

 

Selain itu, tokoh agama yang berpandangan terbuka dianggap mampu berperan dalam merawat kedamaian di tengah suasana pesta demokrasi yang tak jarang berlangsung panas akibat perbedaan pilihan politik, terutama dalam beberapa tahun belakangan.

 

Hadirnya tokoh agama bisa menjadi agen bagi tumbuhnya suasana demokratis di dalam kehidupan bermasyarakat. Nah, untuk mengetahui bagaimana perspektif dan sejauh apa peran tokoh agama itu, Lembaga Advokasi Pendidikan dan Pendidikan Anak Rakyat (LAPAR) Sulsel menggelar dialog publik dengan tema "Peran Tokoh Agama Terhadap Peningkatan Partisipasi Pemilih dan Terwujudnya Pilkada Damai Makassar di Tengah Pandemi".

 

Dialog yang akan digelar pada Senin, 6 Juli 2020, pukul 10.00 Wita ini akan menghadirkan lima orang  Narasumber yang juga merupakan perwakilan tokoh agama, yaitu; Prof. Dr. H. Arifuddin Ahmad, M.Ag (Ketua FKUB Makassar), Pdt. Dr. Lidya Tandirerung (Ketua STT INTIM Makassar), dr. Erfan Sutono (PAKIN Sulsel), Dr. Yongris Lao (Ketua Permabhudi Sulsel) dan I Made Sukarta, S.Kep, M. Kes (PHDI Kota Makassar).  

 

Acara ini akan dipandu oleh Reporter Tribun Timur, Sukmawati Ibrahim Diskusi via Zoom Meeting dan Live on via Fanpage LAPAR Sulsel, Fanpage Tribun Timur Berita Online Makassar dan Youtube Tribun Timur.

 

Pendaftaran diakses via s.id/DaftarDialog (3-4 Juli 2020) dengan narahubung 085255716714 (WA)