Sulsel

Peringati Hari Pramuka, Kwartir Cabang Wajo Terapkan Protokol Kesehatan

Peringati Hari Pramuka, Kwartir Cabang Wajo Terapkan Protokol Kesehatan

Seputarsulawesi.com, Makassar- Peringatan Hari Pramuka yang rutin digelar pada bulan Agustus secara nasional, tampaknya tidak akan seperti biasanya. Untuk tahun ini, kegiatan yang biasanya dilaksanakan di tempat terbuka, seperti lapangan upacara dengan melibatkan banyak orang, terpaksa harus diminimalisir, mengingat Covid-19 masih mewabah.  

Meski demikian, berdasarkan Surat Edaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Kwartir Daerah Sulawesi Selatan menyebutkan bahwa kegiatan Hari Pramuka harus tetap dilaksanakan dengan mematuhi dan melaksanakan protokol standar kesehatan yang telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO).

Baca juga: Kwartir Cabang Wajo Gelar Webinar Kepramukaan

Merespon hal tersebut, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo saat ini tengah mempersiapkan pelaksanaan kegiatan Hari Pramuka Tahun 2020, dengan tetap mengacu pada protokol standar kesehatan Pandemi Covid-19 itu.

Saat dikonfirmasi, H. Jasman Juanda selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo mengungkapkan bahwa pelaksanaan Hari Pramuka tahun 2020 harus betul-betul menjamin Protokol Standar Kesehatan tersebut dilaksanakan dengan baik dan maksimal.

“Salah satunya yakni anggota pramuka yang terlibat nantinya tetap menggunakan masker serta menjaga jarak aman,” kata Jasman Juanda, Senin, 11 Agustus 2020.

Lebih lanjut, Jasman menyampaikan, ada berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan oleh Panitia Pelaksana Hari Pramuka tahun 2020 di Wajo, diantaranya Kegiatan Ulang Janji, Apel Besar Gerakan Pramuka, Pemberian Penghargaan bagi Anggota Dewasa dan Peserta didik, monitoring kegiatan di Kwartir Ranting serta berbagai kegiatan lainnya.

Jasman menambahkan, pelaksanaan kegiatan Hari Pramuka di Kwartir Cabang Wajo dilaksanakan dengan menggunakan dua model, yaitu ofline dan online.

“Kita berharap pelaksanaan kegiatan Hari Pramuka Tahun 2020 di Kwartir Cabang Wajo dapat dilaksanakan secara baik, aman, lancar serta maksimal,” harapnya.

Selain itu, ia juga berharap, momentum pelaksanaan Hari Pramuka Tahun 2020 itu bisa menjadi wahana edukasi dan motivasi bagi seluruh anggota Gerakan Pramuka untuk terlibat aktif dalam mencegah dan menanggulangi Pandemi Covid-19, khususnya di Kabupaten Wajo.

Adapun tema Hari Pramuka Tahun 2020 adalah “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”, dengan Tagline “Terus Bergerak”.