Nasional

Pernyataan Permadi Soal Islam Agama Arogan Jadi Trending Topik

Pernyataan Permadi Soal Islam Agama Arogan Jadi Trending Topik

Keterangan Gambar : SC akun Tweeter Permadi Arya

Seputarsulawesi.com, Makassar- Pernyataan Permadi Arya kembali viral di jejaring media sosial. Lewat akun tweeternya, pria yang akrab disapa Abu Janda ini menyampaikan, Islam sebagai agama pendatang terkesan arogan karena tidak menghargai tradisi lokal dan agama asli Indonesia. 

Pernyataan tersebut sempat mengundang reaksi banyak kalangan, bahkan hingga berita ini diturunkan, tagar #TangkapAbuJanda sudah mencapai 3.896 tweet. Berikut bunyi ciutan tersebut;

Baca juga: Sambangi Kantor PBNU, Menag Sampaikan Pesan Presiden

"islam memang agama pendatang dari Arab, agama asli Indonesia itu sunda wiwitan, kaharingan dll. dan memang arogan, mengharamkan tradisi asli, ritual orang dibubarkan, pake kebaya murtad, wayang kulit diharamkan. kalo tidak mau disebut arogan, jangan injak2 kearifan lokal"

"yang arogan di Indonesia itu adalah islam sebagai agama pendatang dari Arab kepada budaya asli kearifan lokal. haram-haramkan ritual sedekah laut, sampe kebaya diharamkan dengan alasan aurat"

Menaggapi pernyataan tersebut, via akun tweeternya, Ahmad Sahal turut berkomentar, ia mengatakan, pernyataan Permadi tersebut ngaco dan koplak

"yg bilang Islam sbg arogan ini ngaco banget. Memang ada aliran Islam tertentu yg haramkan tradisi lokal, tp muslim yg menentang aliran tsb banyak sekali. Paham keislaman NU justru sangat ramah dgn tradisi lokal. Menyebut Islam argoan itu koplak!," jelas pengurus Cabang Istimewa NU (PCINU) Amerika ini. 

Menjawab pernyattan tersebut, Permadi menyampaikan agar Ahmad Sahal memahami pernyataan itu sesuai dengan konteks.

"Jangan diambil tanpa konteks donk yai  @sahaL_AS, itu ngejawab cuitan tengkuzul yang provokatif rasis, bukan twit mandiri di temlen," katanya.

Tidak berselang lama, Ahmad Sahal kembali menimpali dan meminta agar Permadi fokus saja mengkritik paham keislaman Tengku Zulkarnain, bukan mala melabeli Islam sebagai agama arogan.

 "Tengkuzul memang Islam, tp Islam jauh lebih luas dan lebih beragam. Islam tak identik dgn Tengkuzul," kata Ahmad Sahal  via akun pribadinya @sahaL_AS.

Hal yang sama juga disampaikan Husin Alwi, ia mengatakan mestinya Permadi tidak membawa nama Islam, tetapi alirannya. Karena Islam menurutnya membawa misi keselamatan bagi semua orang, sama dengan agama lain yang misinya membawa kasih dan keselamatan. 

"Salah kalau sebut Islam arogan," ucapnya via akun @husinshihab.