Sulbar

Pilgub Sulbar 2017 Terancam Ditunda

Pilgub Sulbar 2017 Terancam Ditunda

Seputarsulawesi.com, Mamuju- Anggaran penyelenggaraan pilgub Sulbar 2017 yang diajukan KPU Sulbar  kini ditangan DPRD Sulbar. Seperti diketahui, besaran anggaran yang diajukan KPU Sulbar sekira Rp. 150 Milyar. Tetapi, menurut ketua Komisi I DPRD Sulbar, Samsul Samad jumlah anggaran yang diajukan KPU Sulbar terlalu fantastis. Samsul Samad menyampaikan hal itu di sela-sela dialog akhir tahun yang dilaksanakan KPM-PM, di Makassar, Sabtu malam (26/12) lalu.

Rencananya, besok, Rabu (30/12) DPRD Sulbar akan membahas anggaran pilgub yang diajukan KPU Sulabr beberapa hari lalu. Ketua KPU Sulbar, Usman Suhuriah kepada seputarsulawesi.com, Selasa, malam (29/12) mengatakan, kemungkinan besar anggaran yang diajukan pihaknya tidak sesuai dengan yang diputuskan DPRD Sulbar. Tetapi menurutnya, itu dapat disolusikan melalui penambahan anggaran di anggran perubahan.
 
"KPU Sulbar tetap mengharapkan anggaran itu cukup untuk menyelenggarakan pilgub dengan prinsip efektif dan efesien", kata Usman.
 
Mantan ketua KPU Polman ini menjelaskan bahwa makna efektif-efesien disini tidak berarti pilgub dilaksanakan dengan cara dipaksakan karena tidak cukup biaya untuk melaksanakannya. "Efektif-efisien disini maksudnya, penyelenggaraan pilgub berlangsung sesuai tahapannya dan dilaksnakan untuk memenuhi aspek substantifnya", jelas Usman.
 
Ia menambahkan bahwa memang ada resiko terhadap anggaran bila kita meghendaki kualitas penyelenggaraan pilkada dapat tercapai secara maksimal. 
 
Ketika ditanya tentang kemungkinan pilgub Sulbar ditunda jika anggaran yang diajukan KPU Sulbar tidak di ACC-kan DPRD Sulbar besok, Usman mengatakan akan melihat pekembangannya nanti. Tetapi dia menegaskan bahwa anggaran harus cukup. Menurutnya, itu sesuai yang diperintahkan Undang-undang, bahwa syarat pelaksanaan Pilkada baru dapat dilaksanakan bila ada kepastian anggaran yang cukup. Bila tak ada kepastian anggaran, konsekwensinya, pilkada tidak dapat dilaksanakan, alias ditunda. "Kami bekerja, sesuai perintah Undang-undang", tutupnya. (Mirak)

 

Baca juga: Anggaran Pilgub Dinilai Fantastis, Ini Komentar Ketua KPU Sulbar