Sulbar

Polman Berstatus Zona Merah, Kemungkinan Terburuk, Pemerintah Berlakukan PSBB

Polman Berstatus Zona Merah, Kemungkinan Terburuk, Pemerintah Berlakukan PSBB

Keterangan Gambar : Penerapan PSBB di Sulsel. Poto Twitter @nurdinabdullahh

Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) adalah kemungkinan terburuk yang akan dilakukan oleh pemerintah Polewali Mandar guna memutus rantai penyebaran viruskorona (Kovid-19). Apalagi saat ini, Polman disebut-sebut masuk kategori zona merah setelah dua warganya dinyatakan postif koronavirus.  

Meski sejauh ini, belum ada informasi resmi soal penerapan PSBB di Polman, namun besar kemungkinan PSBB akan diberlakukan jika wabah Koronavirus ini terus meluas.

Baca juga: Polman Berstatus Zona Merah, Warga Diminta Tetap Tenang

Penerapan PSBB tentu bukan perkara mudah, mengingat PSBB yang masih satu tingkat di bawah karantina wilayah (lockdown) punya dampak luar biasa bagi masyarakat, tak terkecuali pelaku usaha mikro dan menegah.

Oleh karenanya, jika Pemda Polman terpaksa harus memperlakukan PSBB, maka pemerintah setempat harus memperhatikan stock kebutuhan keseharian warganya.

"Jika  hal itu dipenuhi oleh pemerintah, maka warga juga mesti  patuh dan taat prosedur PSBB," kata Iqbal Arsyad, Direktur Lembaga Advokasi Pendidikan Anak Rakyat (LAPAR) Sulsel, 3 Mei 2020.

Senada dengan itu, Direktur Lembaga Ispirasi dan Advokasi Rakyat (LIAR) Sulbar, Harun Mangkulangit menyampaikan, jika PSBB harus diberlakukan, maka pemerintah harus bisa memastikan stok pasokan pangan untuk warga, sebab jika tidak, penerapan PSBB akan sia-sia.

“Yang harus diperhatikan adalah pasokan pangan untuk warga, apakah sudah benar-benar mencukupi atau tidak. Jika tidak, maka penerapan PSBB akan sia-sia," katanya.

Sementara itu, Dosen Universitas Asyiariah Mandar (Unasman), Abdul Latif berharap PSBB tidak benar-benar terjadi, sebab jika hal itu terjadi, pemerintah harus siap memperhatikan dan memenuhi kebutuhan dasar warganya.

“Kebutuhan pelayanan kesehatan, pangan dan kebutuhan hidup sehari-hari harus diperhatikan dan dipenuhi," jelasnya.