Lintas

Quraish Shihab: Tak Usah Risau Soal Salat Tarawih di Rumah

Quraish  Shihab: Tak Usah Risau Soal Salat Tarawih di Rumah

Seputarsulawesi.com, Makassar- Pakar tafsir Alquran, Prof. Dr. Quraish Shihab menyampaikan bahwa warga tak usah risau saat menjalankan ibadah Ramadan di rumah, sebab Rasulullah Saw sendiri kebanyakan melaksanakan salat tarawih di rumah. Apalagi di masa pandemi ini, tidak boleh ada mudarat buat diri dan juga orang lain.

"Saya tidak mengatakan salat di masjid itu buruk, tapi situasi sekarang mengharuskan kita salat di rumah, dan bisa dilakukan secara berjamaah bersama keluarga,"  kata Quraish Shihab  saat mengisi acara Shihab dan Shibab yang dipandu oleh Najwa sihab yang juga putri Quraish Shihab.

Di vedeo berdurasi singkat itu, Quraish Shihab mengatakan, Nabi Muhammad hanya melakukan tarawih tiga malam di masjid, sisanya dilaksanakan di rumah.

Hal itu bermula saat Nabi Muhammad mengetahui banyak jamaah yang menjadi makmun salat tarawih. Menurutnya Quraish Shihab, Nabi Muhammad khawatir, jika salat tarawih yang berstatus sunnah muakkad itu, nantinya dianggap sebagai ibadah wajib.

“Baru di zaman Sayyidina Umar, salat tarawih dianjurkan berjamaah, setelah melihat sahabat dan jamaah lainnya salat sendiri-sendiri,” jelasnya.

Selengkapnya, silahkan saksikan video berikut:


Iklan Tengah