Sulsel

Soal Kasus Nabire, Aliansi Mahasiswa Sulawesi Kembali Gelar Aksi

Soal Kasus Nabire, Aliansi Mahasiswa Sulawesi Kembali Gelar Aksi

Seputarsulawesi.com, Makassar- Sejumlah elemen Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Solidaritas Mahasiswa Sulawesi kembali menggelar aksi, Senin, 2 Maret 2020. 

Sebelumnya, gabungan dari berbagai elemen organisasi daerah ini, menggelar aksi yang sama pada Jumat, 28 Februari 2020 di Fly Over Makassar dan Polda Sulsel.

Baca juga: Warga Kurma Temukan Bayi Perempuan di Teras Masjid

Aksi tersebut terkait kasus pembunuhan Yus Yunus, warga Polewali Mandar di Nabire beberapa hari lalu. Aksi yang dikuti sekitar 50 orang itu dipusatkan di Kantor Gubernur Sulsel dan dan Polda Sulsel.

Mereka menuntut aktor dan pelaku pembunuhan Yus Yunus segara ditangkap dan diadili serta meminta agar Kapolres Nabire dicopot, karena dinilai tidak becus menjalankan tugas.

"Kami juga meminta Pemprov Sulsel mendesak pemerintah Papua untuk menjamin perlindungan terhadap masyarakat pendatang di wialayah tersebut," jelas salah seorang orator.

Dalam aksinya itu, mereka juga menggelar mimbar bebas di depan Kantor Polda Sulsel sambil membentangkan spanduk bertuliskan "Copot Kapolda Papua" serta keranda mayat bertuliskan "Negara Mati di Papua".

"Aksi ini murni solidaritas kemanusiaan dan keprihatinan atas tragedi kemanusiaan yang terjadi di papua. Aksi tidak ditunggangi oleh orang-orang yang berkepentingan," tegas Ichsan dalam orasinya.