Sulbar

Uji Publik Anggaran Pilgub Sulbar Harus Ditunaikan

Uji Publik Anggaran Pilgub Sulbar Harus Ditunaikan
Seputarsulawesi.com, Polman- Berapapun jumlah anggaran pilgub Sulbar 2017 yang dibahas DPRD Sulbar, sebaiknya mekanisme uji publik terhadap anggaran itu dilakukan. Penilaian itu dikemukakan dosen Unasman, Polman, Abd. Hakim Pariwalino, Rabu, malam (30/12).
 
Seperti diketahui, KPU Sulbar mengusulkan anggaran untuk pilgub mendatang sebesar Rp.130 milyar. Tetapi, kemungkinannya DPRD Sulbar hanya menyetujui Rp.90 milyar sebagaiaman yang disampaikan ketua DPRD Sulbar, A. Mappangara ketika dikonfirmasi, Rabu malam (30/12). Legislator partai Demokrat ini mengatakan, rencananya, besok (Kamis, 31/12) anggaran pilgub Sulbar 2017 ditetapkan di DPRD Sulbar.
 
Hakim mengatakan, sebelum ditetapkan sebaiknya DPRD melakukan uji publik terhadap anggaran itu demi menghindari friksi yang tidak-tidak. "Bukan soal besar kecilnya anggaran itu, tetapi sejauh mana pemerintah dan KPUD mempertanggungg jawabkannya ke masyarakat bahwa anggaran tersebut akan mewujudkan pilgub yang demokratis tanpa celah. Kami faham bahwa harga demokrasi itu mahal, tetapi harus terukur dan terbuka serta responsible", katanya.
 
Hakim menambahkan,  uji publik itu dilakukan dengan membincangkannya secara bersama sama dengan seluruh elemen masyarakat. Jajaran pemerintah hingga tingkat desa, seluruh ormas, LSM dan organisasi kepemudaan di Sulbar harus diajak duduk bersama membicarakan anggaran pilgub itu. (Mirak)